RANAH MINANG

Mounting created Bloggif Mounting created Bloggif

Sabtu, 09 Maret 2013

"MERENUNGI HADITS NABI S.A.W YANG BERBUNYI : MAN FASSARAL QUR'ANA BI RA'YIHI, FAL YATABAWWA' MAQ'ADAHU MINANNAR !!, PART 1"

14 Abad yang lalu, nabi s.a.w pernah bersabda : "MAN FASSARAL QUR'ANA BI RA'YIHI, FALYATABAWWA' MAQ'ADAHU MINANNAR !" , Siapapun yang mentafsirkan ma'na ayat2 yang ada dalam qur'an dengan pikirannya, maka persiapkanlah banyak perbekalan untuk tinggal di dalam neraka !. 

14 Abad yang lalu, nabi s.a.w mengucapkan perkataan di atas kepada umat islam yang tinggal di kawasan arab yang pastinya bahasa keseharian mereka adalah bahasa arab.

Jika kita mau merenungi hadits nabi di atas, kita bisa membayangkan betapa sangat melarangnya nabi kepada umat islam untuk mentafsirkan alquran dengan pikiran. Larangan ini bersifat global, baik kepada umat islam yang memang menguasai bahasa arab sejak lahir (seperti penduduk saudi arabia), ataupun bagi mereka yang memahami bahasa arab dengan belajar.

Namun sayangnya, di akhir zaman yang serba canggih ini, banyak ulama abal2 yang mencoba mempelentir ayat2 alquran untuk kepentingan pribadi. Sebagai contoh, ayat alquran yg brbunyi : "Waqtulul musyrikiina haitsu wajadtumuhum", yang artinya : Bunuhlah orang2 musyrik, dimanapun kamu menemuinya.

Ayat di atas sering kali dijadikan dalil bahwa umat islam wajib membunuh orang musyrik, kapanpun, dan dimanapun. Hingga menjadikan umat islam dipandang sebagai teroris dimata dunia.

Benarkah ayat tersebut mengajarkan tindakan terorisme? Tidak, sama sekali tidak !. Jika kita mentafsirkan ayat tersebut dengan pikiran, benar adanya bahwa pengertian ayat tersebut adalah suruhan untuk membunuh orang musyrik secara massal, namun yang dimaksud ayat tersebut bukanlah seperti itu !. Ayat itu sebenarnya adalah sambungan firman allah sebelumnya yang berbunyi : "Jika umat islam sudah disakiti oleh kaum musyrik, dimana umat islam selalu saja di lecehkan, di caci maki, di sakiti secara fisik, bahkan sampai mengusir umat islam dari tanah airnya sendiri. Maka bunuhlah orang musyrik itu (mereka yang menganiyaya umat islam dengan brutal tadi) dimanapun kamu menemuinya". Artinya perang dalam islam adalah sesuatu yang akan terjadi jika memang SUDAH TIDAK ADA SOLUSI LAINNYA !!.

Ingat, islam itu agama dengan ajaran paling lengkap di dunia, mau masuk wc aja ada aturannya, Masa mau perang nga pake aturan, tinggal bunuh doank. Buka logika anda !.

# BERSAMBUNG

Tidak ada komentar: