RANAH MINANG

Mounting created Bloggif Mounting created Bloggif

Kamis, 26 Januari 2012

Ilmuan Belanda Akan Teliti Sejarah Perang Paderi

Padang (ANTARA) - Sejarah perang paderi yang ada dalam arsip nasional yang ditulis dalam bahasa Belanda, akan diteliti seorang Ilmuan Kearsipan dari Universitas Leiden Belanda Prof Charles Juergens guna mengetahui perbandingan di antara referensi-referensi yang telah di Belanda.

"Mekanismenya dengan melihat jenis arsip yang ada di Indonesia khususnya Sumatra barat, dengan demikian jika ada kesalahan yang ada pada referensi di Belanda dapat diperbaiki, papar Charles kepada antara-sumbar.com saat mengunjungi Badan Arsip Nasional Jl.Pramuka, Padang , Kamis (15/1).

Menurut aktivis yang telah menggeluti dunia arsip sejak 1985 ini, kebenaran Perang Paderi perlu diteliti lebih jauh dari daerah. Rencananya penelitian ini sekaligus untuk melestarikan arsip-arsip yang ada di Sumbar agar jangan sampai ada perbedaan setelah sampai di Belanda.

"Di Universitas Leiden terdapat naskah-naskah Sumatera, tetapi saya ingin mengetahui lebih banyak lagi mengenai hal itu. Dengan begitu saya dapat membuat laporan tentang keadaan yang sebenarnya dan membetulkan jika terjadi kesalahan.

Rencananya penelitiannya ini akan dilakukan selama 5 tahun dan dibiayai oleh Universitas Leiden. Namun ia enggan menyebutkan jumlah dana yang akan digunakannya selama lima tahun itu. 




Tidak ada komentar: