RANAH MINANG

Mounting created Bloggif Mounting created Bloggif

Minggu, 15 Januari 2012

PUSAT DOKUMENTASI DAN INFORMASI KEBUDAYAAN MINANGKABAU ( PDIKM)

PUSAT DOKUMENTASI DAN INFORMASI KEBUDAYAAN MINANGKABAU ( PDIKM)

PDIKM yang terletak berdampingan dengan objek wisata Perkampungan Minangkabau menyediakan berbagai informasi dan dokumentasi tentang sejarah dan budaya Minangkabau baik berupa buku-buku, mikrofilm, foto, dll.
Dengan banyaknya koleksi literatur tentang Budaya Minangkabau yang dimiliki PDIKM, objek wisata ini banyak dikunjungi oleh mahasiswa dan peneliti dari seluruh nusantara bahkan mancanegara.

MASJID ASASI SIGANDO

Masjid Asasi yang terletak di Kelurahan Sigando Padang Panjang ini merupakan Masjid tertua di Kota Padang Panjang. Masjid ini diperkirakan berusia ± 400 tahun, dibangun pertama kali oleh penyebar agama Islam pertama di Padang Panjang yang berasal dari Air Bangis Pasaman. Masjid ini berada ± 500 m dari jalan utama Padang Panjang-Solok.
Masjid dengan luas ± 300 m2 ini memiliki ciri khas arsitektur bangunan Minangkabau berupa bangunan berpanggung dengan ukiran-ukiran khas Minangkabau. Saat ini Masjid Asasi berada dibawah lindungan Kantor Wilayah Suaka Alam dan Peninggalan Sejarah Propinsi Sumatera Barat

Tidak ada komentar: