RANAH MINANG

Mounting created Bloggif Mounting created Bloggif

Minggu, 15 Januari 2012

LK3 Mampu Atasi 60 Persen Masalah Rumah Tangga

Padangpanjang, (padangmedia.com) - Keberadaan Lembaga Konsultasi Kesejahteraan Keluarga (LK3) pada Dinas Sosial dan Tenaga Kerja (Dinsosnaker) Kota Padangpanjang sejak tahun 2011 mampu mengatasi 60 persen kasus pasangan suami istri dari 40 kasus yang ditangani.

Menurut Kepala Dinsosnaker Kota Padangpanjang, Dra.Ratna Trikasih Putri, 60 persen kasus yang ditangani tersebut tanpa harus menempuh jalur peraturan perundangan. Sedangkan 40 persen kasus lainnya belum tuntas karena pasangan suami istri yang bermasalah tidak mau saling terbuka untuk mengungkapkan persoalan yang terjadi dalam rumah tangga mereka.

Dikatakan, LK3 adalah sebuah lembaga yang berfungsi merehabilitasi agar kehidupan rumah tangga agar bisa kembali harmonis. Sejauh ini, permasalahan rumah tangga yang ditangani LK3 dipicu oleh persoalan faktor ekonomi yang mengakibatkan kemiskinan, terutama dalam mencukupi kebutuhan rumah tangga.

Meskipun LK3 baru mampu mengatasi 60 persen persoalan rumah tangga yang masuk, namun upaya mengembalikan rumah tangga harmonis cukup memuaskan. Karena, masalah yang ditangani tidak sampai ke ranah hukum.

Keberadaan LK3 sendiri mendapat respon dari Komisi III DPRD Kota Padangpanjang yang beberapa hari lalu melakukan kunjugan ke LK3 Dinsosnaker. Komisi III berharap agar LK3 terus memberikan pembinaan terhadap penanggulangan masalah sosial maupun tenaga kerja. Apalagi kasus dalam rumah tangga menjadi sesuatu yang perlu diperhatikan. (padangmedia/kominfo)

Tidak ada komentar: